Rabu, 17 Februari 2016

Karakteristik Binatang Mamalia (Menyusui)

Filled under:

Untuk sekedar menambah wawasan kita dalam berbagai jenis binatang, saya akan coba menghadirkan artikel tentang Karakteristik Binatang Mamalia (Menyusui) dan hewan mamalia yang ada di muka bumi ini tentunya sangat banyak sekali jenis nya, dari mulai yang di pelihara sampai hewan liar yang hidup di alam bebas.

Ciri khusus Dan Karakteristik Binatang Mamalia (Menyusui)


Sebagai binatang yang tergolong pada jenis hewan vertebrata ini tentunya memiliki ciri yang khusus dan khas yang tentunya bisa di lihat dan di bedakan dengan jenis binatang-binatang yang lain.

Ciri khusus binatang mamalia

1. Pernapasan nya menggunakan paru-paru

2. Memiliki rambut atau bulu yang halus

3. Mempunyai kelenjar susu

4. Memiliki sistem syarap yang komplek

5. Struktur otot nya berbentuk diafragma

6. Mempunyai fertilisasi internal

7. Mempunyai jantung dengan 4 sekat

8. Memilki kelenjar minyak dan keringat pada kulit nya.

Karakteristik binatang mamalia

Cara memperbanyak keturunan hewan mamalia ini ada dua cara yaitu melahirkan anak secara langsung dan melahirkan secara bertelur namun kedua cara tersebut nantinya akan sama-sama menyusui namun sebagian besar binatang mamalia ini adalah melahirkan anak, dan hanya sebagian kecil saja yang melahirkan dengan bertelur.

Setiap hewan atau binatang yang mempunyai kelenjar susu dan memiliki ciri-ciri seperti diatas, itu tandanya hewan tersebut termasuk hewan mamalia, adapun beberapa jenis hewan yang tidak memiliki karakteristik mamalia seperti anggota cetacea, tapi anggota cetacea ini masih di golongkan pada hewan mamalia karena berasal dari nenek moyang yang sama dengan mamalia pada umumnya.

Pada umum nya hewan mamalia ini memiliki 1 tulang disentri di sisi rahang bawah dan 3 tulang penengaran di tiap telinganya, tapi ada juga yang berbalik seperti memiliki 3 tulang pada sisi rahang nya dan 1 tulang   pendengaran di telinganya.

Integumen yang di miliki oleh mamalia terdiri dari tiga lapisan yaitu : bagian luar, tengah, dan paling dalam, di bagian luar di sebut epidermis, di bagian tengah di sebut dermis da di bagian yang paling dalam di sebut hipodermis.

Biasanya Epidermis terdiri dari 30 lapisan sel yang berguna untuk melapis atau untuk tahanan air, sementara komponen yang terdapat pada Dermis yaitu kelenjar dan pembuluh darah, dan susunan yang terdapat pada hipodermis ini berfungsi sebagai insulasi, penahan benturan dan sebagai penyimpan lemak.

0 komentar:

Posting Komentar