Rabu, 17 Februari 2016

Beberapa Fakta Tentang Hewan Mamalia

Filled under:

Mamalia merupakan salah satu jenis hewan yang sangat beraneka ragam dan memiliki persebaran hampir ke seluruh belahan dunia. Berdasarkan karakteristik, siklus hidup, dan sejarah evolusi mereka, Anda perlu tahu beberapa fakta menarik mengenai hewan mamalia.

  • Mamalia terbagi menjadi 21 kelompok. Pembagian kelompok hewan mamalia memang belum pasti, karena hewan mamalia sangat beraneka ragam. Bahkan antara ilmuwan satu dengan yang lainnya belum ada kesepakatan yang pasti. Hanya saja, versi yang paling populer menyatakan bahwa hewan mamalia terbagi menjadi 21 kelompok.
  • Mamalia adalah hewan dengan jumlah spesies yang sangat besar. Jumlah spesies mamalia di bumi mencapai 4500 hingga 5000 spesies. Jumlah yang sangat besar bila dibandingkan dengan spesies hewan lain seperti reptil, unggas, dan sebagainya. Mamalia dengan ordo rodensia (pengerat) merupakan mamalia dengan jumlah spesies terbesar, yakni sekitar 1700 spesies.
  • Menurut penelitian, mamalia muncul pertama kali sekitar 200 juta tahun yang lalu. Mamalia muncul pertama kali pada masa periode Jurassic. Dari berbagai kelompok hewan mamalia yang masih bertahan hidup sampai saat ini, monotremata adalah jenis hewan mamalia tertua, diikuti oleh marsupial sebagai yang tertua selanjutnya.
  • Mamalia adalah hewan tetrapoda. Tetrapoda atau hewan mamalia yang memiliki empat tungkai bisa dikatakan sebagai ciri khas dari mamalia. Meskipun berbagai jenis mamalia laut seperti paus dan juga duyung tidak memiliki empat tungkai, namun berdasarkan penelitian tentang teori evolusi, berbagai mamalia laut tersebut adalah keturunan tetrapoda.
  • Mamalia adalah hewan berdarah panas. Seperti yang telah dijelaskan pada bagian ciri-ciri hewan mamalia di atas, mamalia merupakan hewan berdarah panas yang memproduksi sendiri panas tubuhnya. Mamalia memiliki kemampuan untuk mempertahankan suhu tubuhnya pada 36 derajat celcius.
  • Zaman Cenezoic disebut juga dengan zaman mamalia. Zaman atau era cenezoic yang berlangsung sejak 65 juta tahun yang lalu hingga saat ini sering disebut sebagai zaman mamalia. Hal tersebut tidak lain karena era cenezoic merupakan masa ketika hewan mamalia telah terdiversifikasi menjadi hewan vertebrata darat yang dominan.
  • Apakah Anda tahu jenis hewan mamalia yang paling besar di dunia? Kebanyakan orang akan mengira gajah sebagai mamalia terbesar. Padahal, mamalia terbesar di dunia yang masih hidup hingga saat ini adalah paus biru. Bobot paus biru dapat mencapai 110 hingga 160 ton.
  • Jika mamalia terbesar adalah paus biru, lalu hewan apa yang dinobatkan menjadi mamalia terkecil? Pernah mendengar hewan bernama kelelawar lebah? Kelelawar lebah adalah hewan yang hampir punah sekaligus menyandang predikat hewan mamalia terkecil. Kelelawar lebah adalah jenis spesies yang dapat ditemukan di gua kapur yang berada di Thailand dan Burma. Keberadaannya hingga saat ini sudah terancam punah. Kelelawar lebah memiliki bobot 2 gram dan hanya berukuran 2,5 cm.

0 komentar:

Posting Komentar